Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

APLIKASI JADWAL PELAJARAN SEKOLAH ANTI BENTROK OTOMATIS

Aplikasi jadwal ini saya buat awalnya khusus untuk MTs TTQ Cilacap, karena sebelumnya penyusunan jadwal masih sangat manual, dan terlalu lama penyusunannya. Sebelum memakai aplikasi jadwal anti bentrok excel ini, jadwal pelajaran bahkan belum selesai dibuat saat pelajaran sudah mulai aktiv, sehingga sangat mengganggu jalannya proses pembelajaran.

Aplikasi jadwal ini disusun untuk 15 kelas dengan jumlah maksimal guru hingga 40 guru, dan satu guru bisa maksimal mengajar tiga mata pelajaran yang berbeda, hal ini sangat mugkin terjadi khususnya untuk sekolah swasta yang jumlah gurunya masih terbatas, sehingga terkadang, satu guru dapat mengajar mata pelajaran 2 hingga tiga mata pelajaran.

kemudian fitur aplikasi jadwal anti bentrok ini di buat dengan mengunakan microsoft excel yang memungkinkan penggunanya sangat mudah untuk memakainya, karena, saya yakin untuk seorang guru, saat ini sudah tidak asing lagi dengan microsoft excel.

Video Tutorial Plaikasi jadwal ini akan segera saya buat di Youtube nanti, insyaallah.

Baiklah, saya perkenalkan aplikasi jadwal pelajaran anti bentrok ini.

Yang pertama fiturnya pa saja:
1. Pengaturan Awal Aplikasi jadwal anti bentrok menggunakan excel
Pengaturan Awal Aplikasi jadwal anti bentrok menggunakan excel

Pengaturan Awal Aplikasi jadwal anti bentrok menggunakan excel

Pada lembar kerja ini, kita bisa mengatur kode untuk nama guru, kode untuk pelajaran, nama kelas, durasi jam pelajaran, identitas madrasah/ sekolah yang meliputi nama, nama kepala, NIP/ NIKY, Nama kaur kurikulum, Nama kecamatan untuk catatan tangal diterbitkannya jadwal, dan tahun pelajaran, serta dapat megnatur jumlah beban kerja untuk jabatan kepala madrasah, kaur, wali kelas dan lainnya.

2. Fitur pembagian jam/ beban kerja
Fitur pembagian jam/ beban kerja  jadwal anti bentrok excel
pada fitur jadwal pelajaran ini, kita bisa mendistribusikan beban kerja masing masing guru di masing masing kelas, satu guru bisa mengampu maksimal tiga mata pelajaran, seperti yang saya jelaskan di atas tadi. Lalu, tulisan OK dalam cell berwarna hijau, artinya, jumlah jam dalam satu minggu, sudah terdistribusi semua, apa bila ada salah satu guru yang belum terdistribusi, maka cell tersebut tidak akan berwarna hijau dan akan menampilkan sisa jam yang belum di masukkkan.

Kolom tugas tambahan ujuga kita bisa mengontrol apakah seorang guru kelebihan beban kerja dalam satu minggu atau belum, mengingat aplikasi jadwal ini bisa mengolah guru dengan tiga pelajaran sekaligus, tentunya, kelebihan beban kerja akan menjadi hal yang sangat mungkin, beban kerja minimal yang ideal adalah 24 jam per minggu, dan maksimal beban kerja seorang guru per pekannya adalah 30-36 jam, dari mata pelajaran yang diampu dan jabatan yang dipegang.

3. Fitur Edit Jadwal anti bentrok.
Fitur Edit Jadwal anti bentrok. jadwal pelajaran
Fitur ini adalah fitur utama dalam plikasi jadwal pelajaran ini, dalam lembar kerja ini, kita dapat mengontrol penyusunan jadwal sebagai berikut:

Mulai dari kiri atas, kita dapat mengontrol nama guru yang akan kita distribusikan kodenya, lalu di sebelah kanan, kita bisa melihat mata pelajaran apa saja yang diampunya, dan disebelah kanannya lagi, kita bisa mengontrol di kelas mana saja guru yang berangkutan mengajar serta jumlah jam yang harus didistribusikan pada kolom jadwal nanti.

pada gambar, menampilkan kelas 7A-8E sudah OK berwarna kuning, artinya guru dengan kode tersebut sudah terdistribusi jadwalnya dengan benar, pada kolom ini akan memungkinkan 3 warna seperti berikut:

Pada gambar, kita bisa memilih guru yang akan di setting jadwalnya, lalu di kolom sebelah kanannya, kita bisa melihat mata pelajaran apa saja yang diampu dan kode yang akan dimasukkan ke kolom jadwal anti bentroknya nanti, serta beban pelajaran untuk masing masing mata pelajaran.

gambar tersebut menunjukkan bahwa kode guru yang bersangkutan harus dimasukkan ke kolom jadwal sebanyak 2 jam pelajaran, pada gambar menunjukkan di kelas 7A.


Gambar ini menunjukkan di kelas 7 A, masih ada 1 jam pelajaran yang belum dimasukkan, kita bisa melihat kolom yang kosong di bagian penyusunan jadwal di bawahnya.

Gambar ini, menunjukkan bahwa semua jam untuk kode yang ditampilkan sudah terdistribusi dengan baik dan tanpa bentrok.

dan gambar ini mununjukkan, pada kelas 7A, kode guru yang dimasukkan kelebihan atau terlalu banyak, pada contoh, kelas 7A seharusnya dimasukkan kode 2 jam saja, tetapi ketika dimasukkan 3 jam atau lebih, maka akan menampilkn seperti gambar di atas.

Kolom pada lembar kerja paling kanan, kita dapat melihat kode guru dan mata pelajaran, untuk memudahkan kita menerjemahkan kode yang tertampil pada kolom kode guru. pada contoh di atas adalah kode B2, artinya kode ini untuk guru bernama Mafahir, pelajaran yang di ampu adalah akidah akhlak.

Fitur Edit Jadwal anti bentrok. microsoft excel
pada bagian inilah kita akan bekerja menyusun jadwal anti bentrok menggunakan aplikasi ini.

Yang perlu diperhatikan dlam mendistribusikan kode mata pelajaran:
1. Upacara hari senin, dimasukkan terlebih dahulu.
2. Pelajaran Olahraga, dimasukkkan terlebih dahulu di jam-jam pertama.
3. Pelajaran prioritas UN, dimasukkan jangan melebihi jam ke 6, kalau terpaksa nggak bisa ya nggak apa apa.
4. Jadwal request, misalnya kita diminta oleh seorang guru yang mengajar di dua sekolah yang berbeda, di sekolah yang lain, guru itu terjadwal hari senin, selasa, rabu, maka guru ini harus kita masukkan terlebih dahulu di hari kamis, jumat dan sabtu di jadwal kita, supaya nantinya tidak kesusahan.

Nah, jika seluruh kode sudah dimasukkan dan dicek satu persatu di kolom nama, sudah tidak ada yang bentrok, maka jadwal sudah selesai, dan apa saja yang kita dapatkan dari hasil kerja keras kita.

Nah, jika seluruh kode sudah dimasukkan dan dicek satu persatu di kolom nama, sudah tidak ada yang bentrok, maka jadwal sudah selesai, dan apa saja yang kita dapatkan dari hasil kerja keras kita.
Jadwal keseluruhan versi cetak, hasil dari penyusunan yang kita lakukan di lembar kerja edit jadwal tadi, kondisi otomatis terstabillow untuk nama guru yang kita pilih di sebelah kanan lembar ini.





Fitur lainnya, jadwal yang sudah jadi untuk masing masing guru. bisa ditempel di masing masing meja kerjanya.
Fitur lainnya, jadwal yang sudah jadi untuk masing masing guru. bisa ditempel di masing masing meja kerjanya.


Jadwal pelajaran untuk masing masing kelas, bisa di tempel di dinding kelas masing masing.

Itulah beberapa fitur aplikasi jadwal anti bentrok ini, aplikasi ini dibuat menggunakan microsoft excel 2007 dan work di Microsoft excel versi yang lebih tinggi.
Semoga membantu pekerjaan bapak ibu guru dalam menyusun jadwal di sekolah atau madrasahnya masing masing.
Salam.

Posting Komentar untuk "APLIKASI JADWAL PELAJARAN SEKOLAH ANTI BENTROK OTOMATIS"