Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Doa Walimatul Hamli (Download) dan Fungsi selamatan kehamilan

Doa Walimatul Hamli ini dibaca pada saat melaksanakan kegiatan acara selamatan kehamilan. Biasanya doa walimatul hamli ini pada saat usia kehamilan empat atau tujuh bulan, dimana sang pasangan yang akan memiliki momongan melaksanakan acara selamatan, maka doa Doa Walimatul Hamli ini dibaca pada acara tersebut.

Namun, Doa Walimatul Hamli tidak hanya dibaca saat acara walimah saja, namaun doa ini juga baik dibaca oleh sang calon ayah atau calon ibu.

Dengan membaca Doa Walimatul Hamli ini maka harapannya adalah sang janin yang ada dalam kandungan ibu, dapat berkembang dengan baik, lahir dengan lancar dan dalam keadaan fisik yang sempurna, serta sang ibu dalam keadaan sehat wal afiat.


Doa walimatul hamli yang bisa dibaca untuk acara selamatan kehamilan empat atau tujuh bulanan.
Doa walimatul hamli yang bisa dibaca untuk acara selamatan kehamilan empat atau tujuh bulanan. 
Download Pdf Doa Walimatul Hamli ini.

دُعَاءُ وَلِيْمَةُ اْلحَمْلِ
بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

اَلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ اْلعَالَمِيْنَ حَمْدًا شَاكِرِيْنَ حَمْدًا نَاعِمِيْنَ حَمْدًا يُوَافِيْ نِعَمَهُ وَيُكَافِيءُ مَزِيْدَة يَارَبَّنَالَكَ اْلحَمْدُ كَمَا يَنْبَغِيْ لِجَلاَلِ وَجْهِكَ اْلكَرِيْمِ وَعَظِيْمِ سُلْطَانِكَ
اَلَّلهُمَّ يَامُبَارَكُ بَارِكْ لَنَا فِى اْلعُمْرِ وَالرِّزْقِ وَالدِّيْنِ وَالدُّنْيَا وَاْلوَلَدِ.
اَلَّلهُمَّ يَاحَافِظُ اِحْفَظْ وَلَدَ فُلاَنَةِ مَادَامَ فِيْ بَطْنِ اُمِّهِ وَاشْفِهِ مَعَ اُمِّهِ  ....... اَنْتَ الشَّافِى لاَشِفَاءَ اِلاَشِفَائُكَ وَلاَ تُقَدِّرْهُ سَقْمًا وَلاَمَحْرُوْمًا.
اَلَّلهُمَّ صَوِّرْ مَا فِيْ بَطْنِهَا صُوْرَةً حَسَنَةً حَامِلَةً كَامِلَةً وَثَبِّتْ فِيْ قَلْبِهِ اِيْمَانًا بِكَ وَبِرَسُوْلِكَ  فِى الدُّنْيَا وَاْلاَخِرَةِ يَا مُقَلِّبَ اْلقُلُوْبِ ثَبِّتْ قُلُوْبَنَا فِيْ دِيْنِكَ.
اَلَّلهُمَّ تَقَبَّلْ دُعَائَنَا مِنْ دُعَاءِ نَبِيَّكَ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ  وَسَلَّمَ غَفَرَ اللهُ لَنَا وَلَهُمْ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ.
وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّد وَعَلَى اَلِهِ وَاَصْحَابِهِ وَسَلِّمْ وَاْلحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ اْلعَالَمِيْنَ رَبَّنَا اَتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي اْلاَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّار وَاَدْخِلْنَا اْلجَنَّةَ مَعَ اْلاَبْرَارِ يَاعَزِيْزُ يَاغَفَّارُ يَارَبَّ اْلعَالَمِيْنَ
سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ اْلعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُوْنَ وَسَلاَمٌ عَلَى اْلمُرْسَلِيْنَ وَاْلحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ اْلعَالَمِيْنَ
pada bagian titik titik (....), anda ucapkan atau sebutkan siapa nama calon ibu yang sedang mengandung calon bayi yang akan lahir.
Demikian Doa Walimatul Hamli, semoga bermanfaat, dan kita semua mendapatkan putra putri yang sholih dan sholihah, berguna bagi agama, nusa dan bangsa.

Fungsi selamatan kehamilan sampai dengan kelahiran

Tradisi membaca Doa Walimatul Hamli pada selamatan kehamilan sampai dengan kelahiran memiliki beberapa fungsi bagi masyarakat pendukungnya. Beberapa fungsi selamatan kehamilan yaitu fungsi ritual, fungsi sosial, fungsi ekonomi, dan fungsi pelestarian tradisi.

1. Fungsi Ritual pada selamatan kehamilan

Acara membaca Doa Walimatul Hamli dalam kegiatan selamatan kehamilan sampai dengan kelahiran ini memiliki fungsi ritual, karena dalam acara ini ada bermasam ritual yang utamanya bertujuan untuk memperoleh keselamatan bagi sang ibu serta bayinya. 

Sebuah upacara memiliki fungsi spiritual dikarenakan saat pelaksanaan upacara senantiasa terhubung dengan doa manusia dalam memohon keselamatan pada TuhanNya.

Upacara pembacaan Doa Walimatul Hamli sebagai ungkapan rasa syukur masyarakat kepada Allah karena limpahan rahmat dan rejeki berupa kelahiran seorang anak. Fungsi ritual ini diwujudkan dalam Doa Walimatul Hamli yang dibaca bersama pada pelaksanaan kenduri. Doa bersama dipimpin oleh seorang yang bertujuan untuk memohon keselamatan untuk ibu dan bayinya.

2. Fungsi Sosial pada selamatan kehamilan

Selamatan kehamilan hingga dengan kelahiran yang paling nampak ialah fungsi sosialnya. Fungsi sosial ini berhubungan dengan interaksi antar warga masyarakat saat ada pelaksanaan selamatan kehamilan. 

Fungsi sosial dalam selamatan ini ada dua macam, yaitu :

Fungsi Sosial Kerjasama

Jika ada keluarga yang melaksanakan acara selamatan kehamilan atau kelahiran, maka tetangga maupun saudara membantu memasak dan menyiapkan ubarampe selamatan (rewang). 

Dalam kegiatan rewang (bantu-membantu) ini terdapat nilai kemasyarakatan yakni sifat saling bekerja sama. Ada juga yang sengaja dimintai tolong untuk ikut membantu dalam selamatan, tetapi ada juga orang yang ingin datang membantu dengan datang sendiri.

Mempererat tali silaturahmi

Pembacaan Doa Walimatul Hamli dalam Selamatan kehamilan juga dapat mempererat hubungan tali silaturahmi antar orang-orang yang terlibat di acara tersebut. Selamatan ini juga memberikan peluang untuk saling menyapa, bahkan berbicara lebih banyak.

Salah satu kegiatan yang menimbulkan interaksi dan komunikasi antar orang adalah ketika acara kenduri. Kenduri merupakan kesempatan untuk saling bertemu dan berbincang-bincang. Sebelum acara dimulai, bapak-bapak datang dan saling berjabat tangan dan saling menyapa.

3. Fungsi Ekonomi

Fungsi ekonomi dalam selamatan kehamilan sampai dengan kelahiran terlihat dari meningkatnya penghasilan warga. Orang rewang yang dimintai tolong untuk membantu biasanya mendapat upah berupa uang, teh dan gula.

Warga yang mempunyai warung, dagangan akan semakin laku karena dalam selamatan mitoni, brokohan, sepasaran maupun selapanan memerlukan banyak bahan dan bahan itu dapat dibeli di warung.

4. Fungsi Pelestarian Tradisi

Selamatan mitoni, brokohan, sepasaran dan selapanan merupakan warisan leluhur yang dilaksanakan secara turun menurun oleh masyarakat Desa Borongan, yang bertujuan memohon keselamatan bagi ibu dan bayinya.

Selamatan tersebut senantiasa dipelihara dan dilestarikan agar tidak mengalami kepunahan, karena dalam selamatan tersimpan banyak nilai moral dan simbol- simbol kehidupan yang baik.

Posting Komentar untuk "Doa Walimatul Hamli (Download) dan Fungsi selamatan kehamilan"